Kamis, 01 September 2011

City-PSG di Papan Atas Klub Paling Boros

Photo

Geliat sejumlah klub mengubah kostum sejumlah pemain di jendela transfer musim panas ini akhirnya usai. Tercatat, dua klub: Manchester City dan Paris Saint Germain menjadi klub paling boros.

Pengeluaran dana besar yang dilakukan kedua klub ini tentunya bukan tanpa sebab. Pasalnya, mereka ingin menjamin kalau kekuatannya dapat membuat klub tak hanya mampu bersaing, tapi juga merebut gelar.

Sepeti contoh Manchester City. Tetangga Manchester United ini memang telah menunjukkan upayanya untuk merangsek naik ke jajaran papan atas Liga Premier, tepatnya ketika sang konglomerat asal Uni Emirate Arab, Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan resmi menyudahi kepemilikan eks Perdana Menteri Thailand, Thaksin Shinawatra, tiga tahun lalu.

Upaya ini pun ditunjukkan dengan keroyalan Sheikh Mansour, yang bersedia menggelontorkan
sebagian kekayaannya untuk mempermudah nahkoda The Citizens mendatangkan pemain yang memang memiliki kualitas yang patut diacungi jempol. Sampai saat ini, untuk City, sang pemilik bahkan telah mengeluarkan lebih dari 460 juta pound atau lebih dari 6,4 triliun rupiah.

Nilai itu sendiri sebagian dikeluarkan dari hasil belanja yang dilakukan pada jendela transfer kali ini. City sendiri telah menghabiskan total dana sebesar 76 juta pound atau lebih dari 1,05 triliun rupiah untuk memboyong pemain-pemain seperti Gael Clichy, Stefan Savic, Sergio Aguero, Costel Pantilimon, dan Samir Nasri.

Alhasil, situasi ini pun menempatkan City menjadi klub paling boros di jendela transfer kali ini.

City sendiri tak sendiri, pasalnya PSG menyusul kemudian. Klub asal Prancis tersebut dilaporkan Reuters telah membelanjakan uangnya mencapai 85 juta euro atau lebih dari 1,04 miliar rupiah. Sama halnya seperti City, kehadiran Qatar Investment Authority ke klub yang bermarkas di Parc des Princes menjadi penyebabnya.

Jelang bursa transfer ditutup, PSG sendiri telah sukses melabuhkan beberapa nama yang memang memiliki kemampuan yang sangat baik. Salah satunya adalah Javier Pastore. Untuk Pastore, PSG harus merogoh kocek yang cukup dalam, mencapai 42 juta euro atau 519 miliar rupiah.

Berikut Daftar Klub Paling Boros di Bursa Transfer:

1. Mancheter City (76 juta pound/1,05 triliun rupiah)
2. Paris Saint Germain (85 juta euro/75 juta pound/1,04 triliun rupiah)
3. Juventus (67 juta pound/930 miliar rupiah)
4. Barcelona (56 juta pound/777 miliar rupiah)

Tidak ada komentar: