Jumat, 23 September 2011

Manchester United

Manchester - Sampai pekan kelima Premier League, ada dua kiper dengan catatan penyelamatan tertinggi di antara kiper-kiper lainnya: David De Gea dan Asmir Begovic. Akhir pekan ini, keduanya bakal beradu ketangguhan.

De Gea membela panji Manchester United, sementara Begovic adalah pengawal dari gawang Stoke City. Kedua tim bakal bertarung di Stadion Britannia, kandang Stoke, hari Sabtu (24/9/2011) waktu setempat.

Mari kita mulai dari De Gea dahulu. Tampil sebagai penerus Edwin Van der Sar, kiper asal Spanyol berusia 20 tahun ini cukup banyak mendapatkan sorotan. Apalagi setelah dirinya kebobolan dari tendangan jarak jauh Edin Dzeko dan sepakan "mudah" Shane Long di Community Shield dan pekan pertama Premier League.

De Gea beruntung, Sir Alex Ferguson tak lantas mencopotnya. Sebaliknya, sang manajer justru menyatakan kepercayaan terhadapnya. Secara halus, kepercayaan itu juga sebuah ujian, dan De Gea membayar kepercayaan itu dengan baik.

Ia tampil baik dalam laga melawan Arsenal dan berhasil mementahkan tendangan penalti Robin van Persie. Ia juga membuat sejumlah penyelamatan bagus kala menghadapi Chelsea. De Gea punya raport bagus dalam beberapa laga terakhir.

Catatan statistiknya pun terbilang bagus. Sejauh ini, gawangnya baru kebobolan empat gol dan ia sudah membuat 28 saves dari lima laga terakhir itu. Hal penting lainnya, kepercayaan dirinya semakin baik seiring dengan rentetan hasil bagus yang diraih tim.

Rekor yang terakhir itu hanya bisa didekati oleh Begovic sejauh ini. Kiper Stoke berusia 24 tahun asal Bosnia dan Herzegovina itu punya postur tinggi 198 cm dan berat 83 kg, cukup kokoh untuk menjaga sebuah gawang.

Begovic bak merepresentasikan karakter Stoke yang memang terkenal keras. Ia sudah membuat sederet pemain dari tim besar seperti Liverpool dan Chelsea kecewa. Gawangnya bebas dari kebobolan ketika Stoke menghadapi kedua tim tersebut. Sejauh ini, ia sudah membuat 23 penyelamatan.

Kondisi keduanya sedikit berbeda karena performa tim. De Gea bersama MU terbiasa dengan hasil sempurna: lima kemenangan. Sementara Begovic dan Stoke baru merasakan kekalahan pertama akhir pekan lalu, di mana mereka kalah 0-4 dari Sunderland--ya, gawang Begovic dibobol empat kali, sesuatu yang belum pernah terjadi pada De Gea.

Ujian untuk Begovic pun disinyalir bakal lebih berat lantaran performa pemain-pemain depan MU belakangan. 'Setan Merah' berhasil menorehkan 21 gol dalam lima laga terakhir, dengan Wayne Rooney mencetak sembilan di antaranya. Bandingkan dengan perolehan gol Stoke yang baru tiga dari lima pertandingan terakhir.

Tidak ada komentar: